gempaaaaa

Monday, July 16, 2012

Haaaaaaaai, long tine no post yaaa. Maklum lah anak kelas 3 SMA itu sibuknya pake banget. Dan hari ini H-3 UN, do’ain yaaaaaaaa semoga kami bisa lulus dengan nilai yang baik. Aamiin. Nah, sebelum buka-buka buku memulai belajar, entah setan apa yang membujuk, aku tergoda untuk membuat post. Ini cerita waktu gempa tanggal berapa ya lupa sama kemaren. Langsung aja deh cerita biar bisa cepet belajar (eaaa).

Nah, gempa waktu itu, lupa tanggal berapa, aku lagi T.O di salah satu bimbel, sebut aja GAMA (emang GAMA sih)  sama temen aku tipong. Waktu itu T.O nya mulai jam 4 kan, hari hujan lebat, jadi nggak begitu banyak yang ikut T.O nya. Selesai mengerjakan soal TPA sampai sekitar jam stengah 6, agak males gitu ngerjain kemampuan dasar. Dan mengingat sudah jam stengah 6, aku dan tipong belum sholat ashar (jangan ditiru ya), kami minta izin lah ke kakak nya buat sholat. Nah, waktu itu nggak tau kenapa, HP mendadak rusak dan nggak bisa terima atau ngirim sms. Kami T.O nya kan di lantai 3, jadi sepanjang jalan mau ke bawah, aku sibuk lah mengutak atik HP ini. Mungkin karena hujan, jadi jalan licin dan tangga di sana emang kecil banget, terjatuhlah aku dan menuruni sekitar 3 anak tangga dengan pantat. Well, sebenarnya agak merasa karma juga, karena dulu tipong juga pernah mengalami nya walau dia lebih ekstrim, dan aku tak kuasa menahan tawa pada saat itu. Karena tau sakit dan malu nya, agak menyesal juga waktu itu ngetawain tipong L untung waktu itu yang ngeliat Cuma kakak yang ngawas di kelas depan. Tapi ternyata oh ternyata tanpa aku ketahui, kakak ini masuk ke kelas2 lain dan menceritakannya kepada anak-anak kelas, sangat what the ----. Jadi waktu balik ke kelas, temen2 yang lain udah senyum2 aja. Nah, waktu balik, kakak yang ngawas di kelas ini mendadak baik, mungkin karena kasian tadi habis jatoh. Dia jadi nanya2 gitu. O = orien, T = tipong, L = Kakak langang

L : Sekolah dimana dek?
O : Smanten kak
L : oooh, apa pilihan pertamanya? (waktu itu lagi T.o SNMPTN, jadi dia nanyain pilihan fakultas dan univ pertama)
O : ini kaak (nunjuk LJK)
L : ooh, kenapa itu?
O : nggak tau mau pilih apa lagi. Eh kak, kalau minsalnya kita ikut tes kemampuan IPA nya bukan besok tapi lain hari bisa nggak kak (T.o itu dua hari, hari pertama tes TPA dan kemampuan dasar, tes kedua kemampuan IPA. Biasanya sih aku Cuma ikut yang TPA nya aja, males -.-)
L : hmm nggak tau juga kakak, coba tanya kakak di bawah
O ; oh iya kak
L : emangnya besok nggak bisa kenapa?
O : nggak ada kak (sebenernya cuma ngasal aja nanya itu tadi)
L : ntar tanya aja sama kakak di bawah ya
O : iya kak
(tiba2 tipong ngomong)
T : eh, aku kirain gempa tadi
O : eh, iya gempa
L : (masih sibuk ngomong ke aku) T.O kemaren lulus dek?
O : nggak ikut kak. Eh kak, gempa kak (agak pelan suaranya)
L : kok nggak ikut? (dengan tampang tak bersalah)
O : nggak tau kak. Kak, gempa kak (sebenarnya pengen ngabur, tapi kakaknya berdiri pas di depan aku, jadi kehalang nggak bisa lari)
L : emang nggak dikasih tau? (kakaknya nggak ngeh kayaknya ada gempa)
O : waktu itu nggak les kak. KAK, GEMPA KAK! (akhirnya ngomong lebih keras)
L : ha? Gempa? Dimana? (dengan tampang langang, padahal waktu itu bangunan udah goyang2)
O : DISINI KAK! INI GOYANG-GOYANG AAAAA (mulai panik)
L : manapula? Kapan gempa?
O : SEKARANG KAAAAAAAK! (gempa udah mulai kuat)
Tiba-tiba ada anak belakang yang nyeletuk ‘KAK, GAMPO KAK AA’
Dan kakak tadi tanpa ba bi bu langsung pucet ngabur dan lari ke bawah. Aku sama tipong masih agak shock dengan kelangangan abang tadi masih galau mau turun atau nggak, soalnya belum selesai ngerjain T.O. tapi karena sayang nyawa, kami memutuskan untuk lari ke bawah, agak hati2 jugaa turunnya mengingat tadi habis akrobat di tangga dan sekarang tangga udah penuh sama anak kelas lain. Dan alhamdulillah sampai lah di bawah gedung dengan selamat.

Nah, kalo gempa kemaren tanggal 11 April lain lagi. Waktu itu aku, tipong, saki, ega, peaa, priska, dhara, vela, romi, fadhli, haries lagi latihan buat seleksi tampil perpisahan di sekolah. Kami latihan di kelas aku XII IPA 5 lantai dua. Sekitar jam 3, pak Syafarni Dahlan dateng (bapak ini yang selalu ngunci pintu kalau anak2 udah pada pulang). Setelah bernegosiasi sama bapak, kami minta tambahan waktu sampai jam 4 buat latihan.  Nah, waktu jam 4 kurang, kami baru mau nyoba gerakan baru, tiba-tiba ega bilang, ‘kok ega kayak ngerasa gempa ya’. Kami langsung diem, terus aku, priska yang emang nggak peka mungkin langsung bilang ‘manapula, perasaan ega aja mungkin’. Tiba-tiba pintu kebuka tutup sendiru, terus kalender goyang, kami langsung bilang ‘iya, gempa cepat turun’. Semuanya langsung turun. Karena aku nggak kerasa, aku paling akhir turun, soalnya masih belum kecerna sama otak kenapa yang lain lari. Waktu udah dibawah, yang lain pada nggak bisa keluar. Ternyata emang tinggal kami aja yang masih di gedung itu. Mereka bilang kalau gerbangnya dikunci (di sekolah aku emang ada tiga gedung buat kelas X, XI sama XII. Yang gedung kelas XI ama XII nya di lantai paling bawah pake pagar gitu, jadi kalau kekunci, nggak bisa keluar dari gedung). Aku langsung bilang, angkat aja pagarnya. Soalnya kami juga sering sampe sore dan kekunci gitu di sekolah, jadi sering angkat2 pagar gitu. Ternyata kata anak-anak yang di bawah pagarnya habis di las dan nggak bisa di angkat lagi. Saki langsung panik dan teriak minta tolong. Terus Dhara bilang masih goyang, jadi kami semua lari ke lantai tiga biar nggak ketimpa kalau-kalau seandainya gedung sekolahnya roboh. Karena aku emang masih belum kerasa gempa, aku ikut-ikut aja lari. Semua pada panik terus teriak-teriak ‘AYO CEPAT LARI KE ATAS! CEPAT! CEPAT!’. Aku malah kebayang kayak film apaa gitu lari-larian ke atas bareng-bareng terus berdiri di atas sama-sama. Waktu di atas, baru kerasa banget gempa nya. Nah waktu di atas lah aku baru ngeh kalau gempa nya emang beneran. Aku langsung meluk dinding karena nggak tau mau ngapain. Ternyata masih ada anak-anak dan guru-guru lain yang masih ada di sekolah. Mereka semua larian ke lapangan. Mereka teriak-teriak dari lapangan, ‘TURUN! TURUN! JANGAN DI ATAS! TURUN!’ kami langsung teriak nggak kalah kenceng ‘GEDUNG DIKUNCI BUUUUUUUK’. Akhirnya waktu gempa udah reda, kami turun ke kelas dan ngambil barang-barang dan sepatu. Baru gerbang nya di bukain dan kami langsung pulang. Maceeeeeeeeeeeet bangeeeeeeet. Waktu itu pulang sama Priska, tapi Priska Cuma sampai simpang, jadi aku sendirian. Sms nggak bisa, nelepon juga nggak bisa. Waktu di jalan sms yang lain nanyain keadaan, alhamdulillah ada yang udah nyampe rumah atau di tempat aman. Tapi aku masih di jalan kejebak macet. Waktu keluar simpang sekolah liat jalan penuh banget ke tempat yang tinggi, karena males macet dan bensin sekarat, aku pilihlah jalan yang langang. Dan itu adalah jalan menuju pantai! S i Dhara langsung sms bilang kalau itu potensi tsunami.  Mendadak panik dan nyesel milih jalan mendekat ke pantai. Akhirnya ngebut terus ikutlah bermacet-macetan. Si Dhara langsung nelepon

D : juh, kamu di mana?
O : di tunggul hitam
D : kenapa di tunggul hitam? Di sana macet! Sama siapa kamu?
O : iya aku nggak tau doo, aku sendirian. Tadi peaa juga sms sirine tsunami bunyi di tempat dia.
D : iya, ini potensi tsunami. Macet di sana?
O : iya macet aaa, tu gimana akuu?
D : udah kabarin mama mu?
O : udah aku sms, atpi nggak di bales
D : kamu mau kemana? Mau pulang?
O : iya, aku nggak tau mau kemana, tu pulang aja. Do’ain ajalah aku selamat. Kamu dimana?
D : aku udah di ismpang rumah. Iyalah, hati-hati ya
O : iyaa guuuuu

Habis Dhara nelepon, nelepon jugalah ibuk dari Jakarta nanyain lagi dimanaa. Akhirnya langsung pulang dan jemput Ella karena waktu itu di rumah cuma sendirian, mama papa belum pulang kerja. Ternyata Ibel baru pulang sekolah dan rumahnya kosong, akhirnya aku, Ella dan Ibel ke rumah. Di rumah, Ibel di telepon ngasih tau mama nya udah di rumah, jadi Ibel pulang. Terus ada sms dari Dhara katanya kalau tsunami mungkin ombak nya dateng jam 18.01. waktu itu masih jam 17.01, aku langsung bilang ke Ella, ‘La, masih ada sejam lagi, aku mandi dulu. Suruh mama mu ke sini’. Akhirnya waktu habis mandi mama Ella sama adek dan abangnya dateng, kami langsung liat berita. Waktu lagi nonton berita, tiba-tiba alarm gempa di rumah bunyi lagi, kami langsung lari keluar. Waktu di luar alhamdulillah udah ada yang bisa di peluk, jadi pelukan sama Ella di tengah jalan sambil teriak2. Tetangga-tetangga udah pada keluar. Abang Ella langsung ajak ngungsi ke rumah tante yang agak aman. Mama Ella suruh selamatin  surat-surat berharga dulu. Karena nggak tau apa surat berharga, akhirnya aku nyelamatin raport aja. Habis nyelamatin surat berharga, kami langsung cus ke rumah tante dan nginep sana. Pagi nya baru balik lagi ke rumah masing-masing.

Ya Allah, lindungilah kami, semoga nggak ada gempa-gempa lagi, tsunami juga jangan Ya Allah, lindungilah kami Ya Allah. Aamin.

0 comments:

Post a Comment